Kamis, 04 September 2014

LEARN N SHARE





Minggu  lalu saya memberikan training untuk para marketing kartu kredit Co Brand ( Carrefour, Metro dan Merchant) selama 5 hari berturut – turut  dari hari senin – jumat di MBM Tendean lantai 12  Ruang Team Work . Training ini saya namakan “TRAINING MOTIVATIONAL & SELLING SKILL”

1.     LATAR  BELAKANG
Latar belakang diadakannya program training Co Brand ini adalah karena performance divisi Co Brand ini masih kurang dari target dan harus segera di perbaiki.

2.     TUJUAN PELAKSANAAN PROGRAM TRAINING
Adapun tujuan diadakannya training ini adalah sbb :
2.1  Mengubah mindset/ paradigma DSR ataupun SPG /SPB dalam hal pekerjaan
2.2  Pembentukan karakter yang baik untuk para sales di lapangan : on time, jujur, rajin
2.3  Menambah rasa Percaya Diri karena di lapangan mereka masih banyak yang belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi sebagai seorang sales
2.4  Memberikan rasa bangga menjadi seorang Sales
2.5  Membangkitkan semangat, passion dan Visi  dalam bekerja  mencapai target
2.6 Membuat  mereka  untuk mempunyai dream mereka masing – masing dan mengarahkan mereka untuk bisa merealisasikan mimpinya dengan insentif.
2.7  Membuat mereka mempunyai  jiwa pemenang dan jiwa melayani costumer
2.8 Menciptakan daya persaingan antar store atau antar sales sehingga tumbuh semangat untuk jadi yang terbaik
2.9  Melatih cara presentasi dengan role play dan grooming.
2.10 Menggali potensi diri yang ada dalam diri mereka masing – masing.
2.11 Menawarkan kesempatan emas mengenai program MBO (karyawan tetap)

3.     WAKTU PELAKSANAAN TRAINING
Training “MOTIVATION & SELLING SKILL” ini di adakan       :
Hari / tanggal             :  Senin – Jumat tgl 25 – 29 Agustus 2014  
Tempat /Ruangan       :  MBM Tendean Lantai 12 Ruang Team Work
Waktu                          :  08.00 – 17.00 WIB 
Peserta                         :  200 orang di bagi menjadi 5 batch (40 peserta /batch)

4.     METODE TRAINING
Metode training yang saya berikan adalah Training Education Entertainment. Saya ingin dalam proses pembelajaran, para peserta training fun, relax dan berkesan. Karena saya percaya belajar yang paling baik dan efektif adalah belajar yang datang dari inisiatif diri sendiri dan dari object yang nyata. Maka dari itu mereka harus fun dan siap menerima ilmu . Pikiran mereka harus senang dulu maka tanpa disadari mereka belajar sesuatu.
Cara saya “menghipnotis” pikiran mereka dengan menyajikan materi training lebih banyak ke gambar, Video dan Games.. Menurut penelitian , orang akan lebih mudah mencerna ilmu yang diberikan lewat bentuk gambar yang menarik, video yang lucu-lucu dan games yang berkesan. Setiap gambar, video dan games yang disajikan mengandung makna yang sesuai dengan bahan training. Dan ada pula banyak hadiah berupa souvenir, merchandise dan coklat koin emas yang saya berikan untuk para peserta yang pintar, inisiatif dan interaktif. Bagi saya keberhasilan training itu bukan pada saat training berlangsung dengan lancar tetapi setelah berlangsungnya training tsb. Training yang SUKSES menurut saya apabila kita bisa memberikan dampak perubahan yang positif ke arah yang lebih baik bagi para pesertanya baik itu dari segi ilmu yang diberikan, pengetahuan, kemampuan teknikal maupun attitude nya dalam pekerjaan dan kehidupan pribadinya sehari- hari.

5.     KESIMPULAN
Kesimpulan setelah melaksanakan training Co Brand ini adalah budaya kerja yang tidak pernah achieve  dan belum terarah. Nah ini harus segera diperbaiki dengan pola kerja yang lebih efektif dan bekerja dari hati sehingga marketing tidak perlu di push untuk target tetapi mereka sudah sejatinya punya inisiatif sendiri dan totalitas dalam  bekerja

6.      PENUTUP
Saya ingin share mengenai pengalaman saya memberikan training 5 Batch. Setiap training mempunyai pengalaman dan cerita sendiri buat saya karena saya banyak belajar mengenal karakter dan sifat para peserta training yang berbeda- beda.
Pada Batch 3, ada salah satu peserta sebut saja Wina ( bukan nama sebenarnya). Selama berlangsungnya training Wina ini agak pasif, dia diam saja dan hanya menjawab seperlunya apabila ditanya. Saya selalu memperhatikan pola tingkah laku setiap pesertanya selama training. Yaa walaupun jumlah persertanya banyak ( 40 org) tetapi paling tidak kalau ada yang unik pasti tidak lepas dari pandangan saya. Sepanjang training saya mencoba membangkitkan semangat dan perhatian ke Wina tetapi dia masih tetap diam. Pada akhir sesi, kebiasaan saya sebelum saya tutup training saya meminta beberapa orang biasanya 3 org  untuk maju memberikan kesimpulan tentang training seharian ini. Kesimpulan nya bisa mengenai apa saja yang sudah mereka dapatkan sepanjang training, atau tentang pengalaman apa pun setelah mengikuti training.
Tanpa di duga tiba-tiba si Wina maju dengan inisiatif sendiri. Dia memegang mic dengan  gemetaran dan bicaranya sangat gugup tapi dia memberanikan diri menyampaikan bahwa setelah mengikuti training ini selama seharian, dia merasakan adanya perubahan yang sangat nyata. Dia yang awalnya tidak percaya diri, lalu bangkit dan mulai tumbuh semangat sebagai seorang sales yang siap mencapai target. Walaupun masih gemeteran bicara di depan para peserta dia juga menyampaikan terima kasih karena training ini bermanfaat dan mengubah paradigma /mindset dia untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Melihat kejadian itu, saya terharu dan hampir menangis. Sungguh suatu pengalaman yang berharga buat saya selama membawakan training ternyata ada yang bener-bener berniat mengubah perilaku ke arah yang lebih baik lagi.
Ada juga peserta yang terharu dan menitikkan air mata ketika saya memutarkan video JOSH (seorang yang terlahir tidak sempurna, Lumpuh tangan dan kakinya , yang berfungsi hanya otak saja tetapi dia mampu menyelesaikan perlombaan Three aton hingga finish dengan support oleh sang ayah). Begitu juga ketika menyaksikan film Vertikal Limit mereka belajar untuk menghargai waktu dan membuat keputusan besar.

Dan banyak lagi kejadian – kejadian lucu, penuh inspirasi dan mengharukan di setiap batch nya. Saya percaya bahwa dengan mengajar kita belajar banyak hal. Dengan berbagi ilmu kita menemukan ilmu yang lain. So. Let’s LEARN n SHARE.

Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar