Kamis, 01 Mei 2014

Buruh oh Buruh (May Day)

 
Hari ini Kamis, 1 May 2014 tepat memperingati Hari Buruh.. Biasa kita menyebutnya May Day... Tiap tahun kita menyaksikan pemandangan yang sama..Demo..Demo..dan Demo ...Para buruh melakukan aksi demo untuk menyampaikan aspirasi mereka dan menuntut hak2 mereka... Tiap tahun ituu ituuu saja yang dituntut, gaji, kesejahteraan, karir,status karyawan, tadi saya baca di detik.com ada karyawati yg menuntut uang beli bedak..Ooh My God .. bahkan pernah tahun2 lalu berakhir kerusuhan, kemacetan dimana2, kerusakan tempat2 umum yg akhirnya merugikan banyak pihak..

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2013


Hari ini banyak sekali media sosial, TV, Twitter, Facebook membahas tentang demo buruh yang akhirnya menginspirasikan saya untuk menulis tentang peristiwa fenomena ini..

Buruh itu merasa adalah kaum yang paling tertindas...hmmm..ah masa sih...???
Diluar sana masih ada pekerja pekerja lain yang dibayar minim sekali.
Dan aneh juga kali setiap tanggal 1 Mei mereka memperingati keadaan mereka.
Bukankah seharusnya mereka merenungkan hal ini :

mengapa sampai hari ini mereka masih menjadi buruh..

mengapa mereka tidak kunjung memperbaiki diri, up grade kwalitas diri, sehingga pantas untuk dibayar mahal..

mengapa berburuk sangka bahwa kalau tidak menjadi buruh, maka tidak dapat bertahan hidup alias tidak punya pendapatan lain..

Berikut ilustrasinya :

Seekor gajah liar ditangkap oleh pemburu untuk dijadikan hewan sirkus. Sang pawang mengikat si gajah di sebatang pohon tanpa memberikan makan berhari hari..si gajah memberontak..namun lama lama dia menyerah..dia sadar kalau dia bisa makan ketika sang pawang memberikan makanan..
Keadaan itu akan terus terjadi sampai 3 bulan..sampai si gajah menjadi jinak dan menyerah pada nasib dan menurut kepada sang pawang..

Nah..kalau kita menyerah pada nasib..jadilah kita seperti gajah itu..ingatlah Tuhan tak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum itu tak mau berusaha sendiri ..

Jadi kalau tiap tanggal 1 Mei kalian masih jadi buruh..cobalah merenung..cari tahu kenapa..mengapa anda menyerah pada nasib anda menjadi buruh..coba rubah mindset nya.. Bahwa kita masih bisa berubah ke level yg lebih baik kl kita mau berusaha..

Dan bila anda sibuk sekali tapi kesibukan anda tidak juga memperbaiki taraf hidup anda..berarti ada yang salah dengan kesibukan anda..
Berarti hanya rutinitas berpola yg anda kerjakan tanpa ada peningkatan diri..

kuncinya adalah upgrade kwalitas diri , berani untuk berubah ke arah lebih baik, dare to be different dari kebayakan orang rata2, kerja keras, dan memantaskan diri untuk dibayar mahal maka dengan upaya dan doa tersebut, Allah tidak akan tinggal diam untuk mengubah nasib umatnya ke arah yg lebih baik.

silahkan berdemo tapi sampaikan aspirasi dengan cara elegan bukan primitif..adalah perlu untuk mengawal kebijakan yang tidak berimbang antara pengusaha dan karyawan..tapi bila anda merasa menjadi buruh tidak membuat hidup anda membaik go find another way to make a better living..

Salah satu contoh kasus yang merugikan buruh adalah kasus NIKE..yang membayar buruh sangat murah sementara sepatu yang dijual seharga gaji buruh perbulan..kalau anda merasa tidak berkembang menjadi buruh di pabrik nike..resign saja buka usaha taylor, catering dll.. beres kan? selebihnya biar Tuhan yang atur. Ubah mental karyawan menjadi enterpreneur ..

Tetapi ada juga buruh sukses yang berhasil mengembangkan diri contohnya Mendiang Mantan Vice President Citibank Bapak Houtman Zainal Arifin ..dari seorang Office Boy kemudian menjadi Top Eksekutif padahal beliau hanya lulusan SMA..karena beliau mau mengembangkan diri dan tak menyerah pada nasib menjadi Office Boy

Karna menginspirasikan banyak org, Saya sering putarkan film biografi beliau di training saya dan membuat para peserta training terharu menitikkan airmata karna kegigihan beliau dan kerja keras tak pantang menyerah..semoga terinpirasi dan memotivasi kita untuk selalu berkembang..

Berikut link biografi Houtman Zainal Arifin
Kisah seorang Office Boy yang menjadi Vice Presiden Citibank.

http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/12/biografi-houtman-zainal-arifin-kisah.html?m=1


Come on ...berani berubah.. Move on..berkembang, bertumbuh untuk meningkatkan kwalitas hidup kita ke arah yg lebih baik, memantaskan diri dibayar mahal, kerja keras karna bumi ini luas dengan hamparan rejeki dari Allah Ta'ala...keep tawakal !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar