Minggu, 30 Juni 2013

TUHAN .... INILAH PROPOSAL HIDUPKU

TUHAN... INILAH PROPOSAL HIDUPKU

by Susilo Handayani (Notes) on Tuesday, January 1, 2013 at 9:20pm

Anda adalah mahakarya dari Sang Pencipta. Anda adalah masterpiece yg tiada duanya. Begitu Anda terlahir-tumbuh-meninggal maka tidak pernah dan tdk akan pernah ada lagi makhluk seperti Anda. Anda hanya satu2nya yg ada di muka bumi ini. Tidak ada satupun makhluk yg persis dengan Anda. Tuhan menciptakan Anda benar2 spesial dan sesuatu yg special itu berharga mahal.

Kalau untuk bikin acara yg digelar satu dua hari seperti ini saja butuh sebuah proposal, mengapa untuk hidup kita yg berjalan puluhan tahun kita tdk membuat proposal? Mengapa kita membiarkan hidup kita mengalir tanpa arah, tanpa tujuan, tanpa cita-cita? Pertanyaan retorik itu sungguh2 mengejutkan dan menyentak saya. Banyak orang mengatakan hidup itu mengalir saja toh nanti akan sampai ke laut juga. Benarkah? Tidak semua air, kalau dibiarkan akan mengalir ke laut.Seperti air, aliran hidup kitapun harus diarahkan melalui sebuah proposal hidup. Propsoal itu dibuat untuk sekian tahun ke depan, termasuk pencapaian dan lompatan2 hidup yg akan dituju sedetail mungkin sehingga arah hidup kita menjadi jelas. Proposal disusun untuk menuntun menggapai prestasi tertinggi yg dibanggakan di hadapan ALLAH. Ayo kita bikin proposal hidup…,.. Ya Tuhan inilah Proposal Hidupku….

Saya SUSILO HANDAYANI adalah masterpiece.
Saya juga sangat spesial karena saya berbeda dengan siapapun di muka bumi. Saya anak pertama dari dua bersaudara terlahir 23 Januari. Bapak Saya Tasripin. Ibu Saya Suparti. Walaupun Bapak Ibu saya hanya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) tapi mereka berhasil menyekolahkan kedua anaknya hingga tingkat perguruan tinggi dan menjadi Sarjana. Mereka adalah guru kehidupan terbaik saya.
Saya dilahirkan di Brebes Jawa Tengah sebuah kota penghasil telur asin. Umur 4 th saya hijrah ke Jakarta dan dibesarkan hingga kini di kota metropolitan. Seiak kecil saya mempunyai banyak teman dan kebanyakan mereka lebih tua di atas saya karena dulu saya berpikir, bs belajar dan menyerap ilmu dari mereka2 yg terlahir lebih dulu ke muka bumi pastinya punya jam terbang pengalaman yg tinggi. Namun paradigma berpikir tsb saya patahkan sekarang, bahwa ternyata kita pun bisa belajar dari siapa saja yg lebih muda bahkan seorang anak kecil sekalipun.

Sejak kecil saya sudah terbiasa berjualan kue buatan ibuku sendiri kpd teman2 sekelas. Walaupun hidup kami berkecukupan namun Ibu saya mengajarkan untuk menghargai uang dan bagaimana berinteraksi dan menanamkan percaya diri dengan cara berjualan kue setiap hari.
Ketika SD saya selalu mendapat rangking pertama dari kelas 1 s/d kelas 6 sampai2 saya pernah dimintai tolong guru saya untuk mengisi raport teman2 satu kelas.. Semasa SMP saya aktif berorganisasi dari mulai OSIS, ROHIS, PRAMUKA, PKS, olahraga renang, volley sampai Paduan Suara..saya sering di daulat untuk menjadi sekertaris atau bendahara bahkan ketua dlm organisasi tsb.

Saya Alumni SMK 12 (sekarang SMK 20) salah satu sekolah terbaik dan terfavorit di Jakarta Selatan. Kegemaran saya aktif berorganisasi makin berkembang di tingkat sekolah ini dengan menjadi anggota PASKIBRA. Menjadi anggota PASKIBRA saya belajar kedisiplinan, kesetiakawanan, konsekuensi, komitmen, menghormati atasan dan teman2 dan sifat positif lainnya. Yg membuat saya bangga, saya pernah menjadi bagian mengisi upacara bendera 17 Agustus di Istana Negara. Saya beruntung mempunyai guru2 terbaik karena sudah berpengalaman dan expert dibidangnya.

Buat saya hidup Cuma sekali… hidup harus di isi dengan sesuatu yg bermanfaat hingga ketika kita meninggalkan dunia ini ada sesuatu yg bukan saja di kenang tapi ilmu kita masih mengalir dan berguna sepanjang masa. Oleh sebab itu saya memutuskan melanjutkan kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di malam hari.. karena saya berpikir kuliah itu hanya menghabiskan waktu 3-4 jam.. sisa waktunya saya manfaatkan untuk bekerja.

Semasa kuliah saya bekerja di HIGH/SCOPE INDONESIA sebuah sekolah nasional plus di daerah Cilandak. Selama 7 th lebih saya bekerja dan banyak yg saya dapatkan di sana. Saya diberi kesempatan mempunyai pengalaman sebagai Customer Service hingga menjadi HRD.. Dari th 1996 saya bergabung di HIGH/SCOPE masih menyewa sebuah rumah di Pondok Indah dan hanya mempunyai 3 kelas dengan murid kurang dari 50 anak.. namun sekarang HIGH/SCOPE sudah sampai tingkat SMA dan mempunyai gedung yg megah sekali di TB Simatupang Cilandak dan memiliki banyak cabang baik di Jkt maupun luar kota..BRAVO.. saya bangga pernah menjadi bagian dari sekolah tsb.

Setelah 7 th menggeluti dunia pendidikan.. saya bergabung di PT. DANPAC yg bergerak di dunia financial selama 1,5 tahun. Saya belajar dunia marketing di sini bagaimana mengelola keuangan nasabah dengan menginvestasikan uangnya dalam jual beli dollar dan mata uang asing lainnya.
Setelah itu saya pindah ke dunia perbankan yaitu BANK LIPPO..Selama di LIPPO banyak prestasi yg saya dapat seperti The BEST PRESENTATION, The BEST SELLER, The BEST EMPLOYEE.. teman2 saya menjuluki saya sbg pengumpul sertifikat karena setiap acara award yg di adakan setiap bulan saya selalu mendapat reward berupa hadiah voucher dan sertifikat.. Tapi itu semua tdk menjadikan saya menjadi pribadi yg sombong dan puas. Justru membuat saya terpacu untuk menjadikan hidup saya lebih baik dan lebih baik lagi..”Lulus “ menimba ilmu di LIPPO saya naik kelas menuju BANK MEGA.. Saya berkesempatan untuk berinteraksi di dunia perbankan yg sesungguhnya. Ilmunya lebih luas lagi..bukan Cuma kartu kredit aja tapi juga ilmu operational bank itu dan persaingannya lebih ketat.. Saya pernah diminta menjadi “fasilitator” mengajar berbagi ilmu transfer knowledged kpd CBO baru. WAh pengalaman yg luar biasa seru..dan saai ini saya masih di Bank Mega Regional Jakarta 1 dividi business development yg tugasnya merekruit tenaga kerja yg berkwalitas dan memaintenance mereka dengan mengikutsertakan mereka dlm program training yg saya buat dan memonitor karir path nya ..sungguh pekerjaan yg besar tanggung jawabnya memegang 58 cabang , 320 Marketing CBO dan 48 Leadernya...tapi saya sangat menikmatinya..

Saya juga sangat senang karena buku saya tentang inspirasi dan motivasi sudah hampir selesai. Saya memang benar2 spesial karena saya yakin tdk ada satu pun orang yg memiliki pengalaman yg persis seperti saya. Terima Kasih YA ALLAH…

PRESTASI TERBAIK :
Prestasi terbaik saya adalah motivator yg mampu mendorong 3 juta orang lebih masyarakat Indonesia menjadi orang yang sukses meraih kebahagiaan dengan formula hidup SUSI ( Sabar, Usaha, Syukur, Ikhlas). Hidup adalah untuk memberi … memberi ..dan memberi .GERAKAN ini saya namakan GERAKAN Hidup SUSI.. Sukses harus di tempuh dengan berjuang yg dilandasi Sabar, Usaha, Syukur , Ikhlas.. Prestasi ini akan saya raih pada tahun 2030.

Untuk mewujudkan hal tsb, saya akan membuat Gerakan Hidup SUSI bersama teman2 saya. Selain itu gerakan ini mengajak siapapun yg tertarik khususnya orang2 yg mau sukses dan bahagia dengan formula hidup SUSI..Saya akan memberikan training2 tentang inspirasi dan motivasi kepada orang2 yang ingin maju bersama saya .. yg pada akhirnya ketika sudah banyak pengikut (lebih dari 3 juta) bersama2 kita mendirikan sebuah yayasan bernama SUSI Foundation yg tujuannya membantu org2 yg ingin maju tapi tdk mampu…

Ada lagi sebuah keinginan dan cita2 saya ingin mempunyai gedung sendiri yg menjulang tinggi ada 23 lantai (sesuai tgl lahir saya) dan megah bernama MENARA SUSI yg nantinya akan di pakai untuk mengisi training2 mengenai motivasi.. Gedung ini akan berdiri pada tahun 2040.

Gerakan ini di ilhami dari film “Sang Pemimpi” dimana hidup dimulai dari mimpi.. Bermimpilah setinggi langit agar kita selalu termotivasi untuk menggapainya. Saya ingin dikenal kuat sebagai motivator “ Hidup SUSI” , selalu menginspirasi dan mendorong orang lain untuk terus menjadi semakin sukses dengan formula hidup “ SUSI”. Saya akan selalu berupaya dengan keras bahwa kata sukses hidup “SUSI” melekat semakin kuat dlm pikiran, jiwa saya serta mengalir kental dlm darah saya. Hidup “SUSI” adalah pikiran, jiwa dan ruh saya.

Secara ringkas prestasi terbaik saya adalah “ salah satu motivator terbaik Indonesia yg mampu menginspirasi dan mendorong 3 juta org untuk menjadi Hidup SUSI ( Sabar, Usaha, Syukur, Ikhlas).

Expertise yg saya kuasai :
Untuk mewujudkan prestasi terbaik yg ingin di torehkan saya harus memiliki expertise yg mendukung. Oleh karena itu saya berkomitmen untuk expert di bidang inspirasi dan motivasi baik sesama teman maupun masyarakat luas.. Berbagai aktivitas yg saya lakukan akan mengarah kepada peningkatan keahlian dalam ketiga aspek tsb. Saya akan lebih baik banyak belajar tentang berbagai alternative, metode, cara inspirasi dan motivasi yg lebih menghujam ke dlm pikiran dan hati seseorang. Selain itu, saya akan terus menerus meningkatkan kemampuan saya untuk memecahkan berbagai problem yg dihadapi banyak org. Saya akan lebih tulus mendengar curhatan2 teman2 karena dari situ saya dapat menambah satu ilmu pengalaman hidup saya. Sayapun akan bersungguh2 menghubungkan simpul2 yg mendorong berkembangnya gerakan Hidup “SUSI”.

Saya harus menjadi orang yg expert di bidang Inspirasi dan motivasi. Title saya ; Motivator Hidup “SUSI”

GURU KEHIDUPAN :
Belajarlah dari orang2 sukses.. Saya akan mengangkat sedikitnya 3 guru dlm kehidupan saya.
Guru pertama adalah guru expert yg akan membimbing saya dlm hal inspirasi dan motivasi. Orang yg saya pilih adalah Mario Teguh, Tung Desem Waringin .Selain itu saya akan mengangkat guru Spiritual saya yg akan selalu membimbing dan menginggatkan saya. Beliau adalah rujukan saya untuk urusan spriritual dan nilai2 kehidupan. Saya akan menjadikan bapak Ary Ginanjar Agustian dan Yusuf Mansyur sbg panutan saya. Yg ketiga guru kehidupan. Dia adalah guru yg sukses jauh diatas rata2 kebanyakan org. Selain itu dia juga sangat peduli dengan nasib org lain. Saya memilih Andrie Wongso, Adam Khoo, James Kwee sbg guru kehidupan saya.
Saya akan berjanji untuk melaksanakan saran2 yg diberikan.

KOMITMEN SAYA :
Saya akan terus belajar dan mengembangkan diri dengan cara mengikuti berbagai pelatihan, seminar, berdiskusi dengan orang2 yg kompeten, membaca buku motivasi, menonton tontonan yg berkualitas, dan mencari kesempatan belajar dng siapapun yg saya anggap memiliki kemampuan. Selain itu saya akan mencari terobosan2 baru dlm dunia training, inspirasi dan motivasi kepada professional dan masyarakat luas yg ingin hidup sukses dengan SUSI (Sabar, Usaha, Syukur,Ikhlas)

Saya akan focus dengan belajar dari kehidupan org lain. Saya akan datangi org2 yg mampu menaklukkan kehidupan dan memberi inspirasi kpd bnyak org. Ilmu yg saya miliki akan saya ajarkan kpd sebanyak2nya org, baik dibayar maupun tidak. Setiap ada kesempatan menyampaikan gagasan, saya akan memberikan gagasan yg berkualitas dan bermanfaat.

Sebagian besar hari libur akan saya manfaatkan untuk berdiskusi dan mengajak mereka merancang, merealisasi dan mengevaluasi proposal hidup mereka. Untuk melakukan kegiatan ini saya tdk akan meminta bayaran, bahkan saya akan menyisihkan sebagian rizki yg Allah berikan untuk membantu mereka yg tdk mampu. Saya akan menjadi “Sutradara” munculnya orang2 yg sukses melalui hidup SUSI, termasuk keluarga besar saya.

Saya akan berusaha selalu berubah kearah yg lebih baik 1 % setiap hari. Saya akan berusaha lebih dekat dengan Allah 1 % per hari, saya akan lebih menyayangi keluarga 1 % per hari, dan saya akan lebih baik berkomunikasi dengan semua orang 1 % per hari dan saya akan selalu berusaha menjadi lebih baik dlm segala hal 1 % setiap hari.
Saya pernah membawa proposal hidup saya ini ketika menunaikan ibadah umrah bln April 2010 dan saya berencana akan mengunjungi Rumah ALLOH kembali dengan orangtua saya tahun ini dan membawa proposal hidup saya yg selalu saya review tiap tahunnya..Jadi kan ga perlu berdoa panjang lebar di depan Ka’bah ketika tawaf hehehe..

PENUTUP :

Ya Allah, inilah proposal hidupku… Apabila dengan ini Engkau semakin cinta kepadaku bantulah aku untuk mewujudkannya. Jika dengan ini keberadaanku memberi manfaat kpd banyak org permudahkanlah cita2ku. Akan tetapi apabila dengan proposal hidup ini Engkau menjauh dariku dan keberadanku membebani org2 sekitarku, berilah petunjuk kepadaku. Jangan tinggalkan aku ya Allah..tetaplah tuntun aku di jalanMU
Ya Allah, bantulah aku untuk mampu mewujudkan Proposal Hidup ini sebab tanpa ijin dan pertolongan Mu aku pasti tak kan mampu merealisasikan Proposal Hidup ini.
Ya Allah .. kabulkanlah…

Jakarta, 1-1-13
Motivator Hidup “SUSI”



SUSILO HANDAYANI

(terinspirasi dari buku Tuhan, inilah proposal hidupku karya Jamil Azzaini dan Film : Sang Pemimpi karya Mira lesmana) Thanks, both of you are my inspiration.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar