Jumat, 09 Agustus 2013

Curi Ilmu Petani

Indonesia adalah negara agraris", begitu kata buku-buku IPS jaman saya masih SD dulu. Tetapi kenyataannya kini kondisi pertanian di Indonesia semakin terkikis oleh kemajuan industri. Eits, tapi artikel ini bukan akan membahas tentang keagrarisan Indonesia yang memudar, namun mari kita teladani sosok di balik nasi yang setiap hari kita makan ini.

Sosok itu adalah seorang petani :)

Apa hebatnya menjadi seorang petani?

"Petani menyirami sawah, menyemai benihnya, membajak sawahnya tiap hari, memberi pupuk, menjaga padi dari hama penyakit. Petani bekerja keras merawat sawahnya, padahal "apa setelah ia rawat, padinya pasti akan tumbuh subur dalam semalam?" TIDAK!

Petani mencurahkan seluruh kerja kerasnya dan memberikan keyakinan 100% bahwa usahanya tidak akan sia-sia, ia tetap berusaha sekuat tenaga, walaupun padi-padi itu tidak akan tumbuh dalam satu malam. Hingga akhirnya, jerih payah petani tersebut terbayar dengan menghasilkan nasi yang berguna bagi kehidupan orang banyak"

Nah, jadi, ilmu yang bisa kita ambil dari seorang petani adalah :
1. Mulai dan yakin!
Ingin mencapai hal-hal besar dalam hidupmu? Jangan cuma berangan-angan! Jangan cuma mimpi...tapi bangun dari tidur dan ACTION ! Every great things start with a small step. Kalau Pak Petani cuma duduk di samping sawah sambil berkhayal menunggu Jin Aladin datang dan membuat sawahnya akan panen padi dengan sendirinya, kapan kita bisa makan nasi? Seperti seorang petani, ayo mulai semai benih-benihmu sedikit demi sedikit, dengan penuh keyakinan, segala mimpimu pasti bisa jadi nyata :)
Apa yang kita kerjakan hari ini akan berdampak hasilnya di kemudian hari.
Apa yang kita tanam, itu yang kita tuai.

2. Kerja keras, sabar, dan ikhlas
Saya punya pola hidup atau prinsip hidup judulnya sesuai dengan nama saya SUSI yaitu Sabar, Usaha, Syukur, Ikhlas.
Menurut saya formula hidup bahagia itu ya harus punya 4 kata tsb..dimulai dari kerja keras, lalu sabar menikmati prosesnya, bersyukur akan segala keadaan dan Ikhlas apapun hasilnya
Nothing worth having comes easily. Tidak ada proses yang instan, mie instans aja perlu direbus dulu..teruslah bekerja keras, sabar, dan ikhlas. Petani saja setiap hari harus berpanas-panasan membajak sawah, namun mereka tidak menyerah di tengah jalan kan. Padahal selain bekerja keras, petani juga harus menunggu berbulan-bulan hingga sawahnya bisa dipanen. Jadi, apa kamu masih mau menyerah begitu saja? You decide!

3. Berguna bagi sesama.
Hidup cuma sekali.Sebaik-baiknya Manusia adalah yg bermanfaat bagi sesama.
Banyak orang yang meremehkan "petani", mereka cuma kotor-kotoran sama lumpur. But, tanpa petani, kita makan apaaaaa??
Kadang kita melakukan hal-hal kecil yang terlihat sederhana, dicaci banyak orang, namun pada akhirnya kita harus bisa menjadi sosok yang selalu berguna bagi sesama. Setiap manusia pasti ingin bermanfaat bagi sekitarnya kan :)
Seperti Petani, mulailah segala sesuatu dengan hal yang kecil, kembangkan dengan penuh dedikasi, dan berbagilah manfaat dengan sesama. :)

Yuuuk curi ilmu petani.. Kita realisasikan dalam kehidupan kita masing2...Mulailah dari Action dengan keyakinan pasti BISA, lalu sabar melewati prosesnya..kalau gagal coba lagi, jatuh bangkit lagi..jangan pernah menyerah..
Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan org2 tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah !!
Ikhlas adalah senjata utama untuk bersyukur atas apapun keadaan dan hasil yg dicapai..
Terakhir apa yang kita kerjaan harus punya nilai manfaat buat sesama karena itu adalah "deposito akherat" kita.

Eeehhhmmm hebat ya petani.. Dibalik jaket duniamu sebagai petani tapi kalian manusia tingkat tinggi di hadapan Tuhan atas apa yang dilakukan dan dihasilkan sangat bermanfaat buat banyak orang..
Thanks u ya Pak Tani... Ilmu mu luar biasa !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar