Sabtu, 24 Agustus 2013

Life is an Adventure (Heaven called Lombok)

Lombok ... Here We Come...!!!
Saya bersama 7 orang teman2 berlibur menuju Lombok hari kamis tgl 22 Agustus 2013. Dengan Garuda Indonesia no GA3440 kami serombongan narsis abiis ngga sabar ingin melihat keindahan alam di sana. Take off jam 10.50 WIB menempuh hampir 1.40 jam dan landing jam 14.00 WITA kami langsung diajak keliling2 pantai terindah... Saya adalah seseorang yang sangat beruntung bisa menikmati pemandangan di “heaven called lombok” pulau dengan alam yang luar biasa. bahkan bila dibandingkan dengan Bali, menurut saya pribadi yang sudah berkali-kali ke bali, potensi keindahan alam di lombok lebih banyak dan lebih menakjubkan dibandingkan pulau tetangga bali, hanya saja memang harus diakui bali lebih segalanya di bidang SDM dan pengelolaan.
Oh iya, halaman “Enjoy Lombok” ini saya buat semata-mata untuk berbagi cerita jalan-jalan saya bersama teman2 mengunjungi sudut-sudut Lombok yang mayoritas masih “perawan” dan tak terjamah dan sudah pasti tak dikenal bahkan oleh banyak penduduk lombok sendiri.
Ngga terhitung beberapa kali saya mendapat pertanyaan “di Lombok kemana aja yang bagus?” or dimintain daftar wajib kunjung kalo liburan ke Lombok.
jadi saya harap dengan adanya halaman ini, semoga temen-temen yang membutuhkan referensi tentang lokasi-lokasi wisata atau tradisi/kebudayaan di Pulau Lombok pada khususnya dan NTB pada umumnya bisa sedikit terbantu.
Disini saya cuma akan memberi judul yang akan mengarahkan ke cerita postingan jalan-jalan saya ke lokasi-lokasi mulai dari pantai, pulau, pura, gunung, sungai dan tempat rekreasi lainnya yang pernah saya datangi. Halaman ini akan terus saya update bila saya menemukan lokasi-lokasi lainnya yang layak untuk saya share.

Berikut tempat wisata yg wajib dikunjungi ketika kita ke Lombok

Pantai Senggigi
Pantai Kuta Lombok dan Tanjung Aan
Pantai Mawun
Pantai Mawi
Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep
Sumbawa Barat - Taliwang
Sungai Leba Sempage
Sekotong
Pantai Surga
Gili Trawangan
Gili Meno
Gili Air
Gili Nanggu
Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Ringgit
Pantai Cemara
Festival Bau Nyale
Air Terjun Gangga
Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel
Pantai Seger
Sembalun, Desa di Kaki Gunung Rinjani
Pantai Mekaki
Pantai Malimbu
Teluk Belongas
Pantai Pink


Berikut perjalanan kami selepas dari bandara international lombok hari pertama :

Mendengar nama Pantai Kuta (baca: Kute), pikiran semua orang pasti langsung terbang pada pantai dengan di pulau dewata Bali yang sangat masyhur itu. Tidak banyak orang dr luar Lombok yang tahu bahwa di Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai yang sangat indah yang bernama sama yaitu Kuta.
Berjarak sekitar +- 60km dr ibukota propinsi NTB Mataram perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari bandar udara Selaparang Mataram sampai ke Pantai Kuta. Biasanya sih kalo mau k Kuta para wisatawan tidak menggunakan public transport. Biasanya menyewa mobil atau motor. Perjalanan anda tidak akan membosankan karena disepanjang jalan anda akan menikmati indahnya pulau Lombok dengan sawah yang menghijau, panorama gunung yang tampak dari kejauhan, cidomo (alat transportasi khas Lombok semacam delman.

Sebelum memasuki daerah Pantai Kuta, anda juga dapat mampir kesebuah desa tradisional suku sasak (suku asli Lombok). Namanya Desa Sade. Sebuah perkampungan kecil dimana masyarakatnya masih hidup secara tradisional. Mereka masih menggantungkan hidupnya dengan bertani, bercocok tanam ataupun membuat kerajinan tangan seperti kain songket, dll. Rumah-rumahnya pun masih terbuat dari bahan kayu dan beratapkan rumbia . Juga dapat kita saksikan rumah lumbung yaitu tempat dmana masyarakat desa menyimpan hasil ladang mereka. Salah satu fakta yang menarik adalah bahwa mereka terbiasa mengepel lantai rumah mereka menggunakan (maaf) kotoran kerbau. Hiii…… aneh kan? tapi jgn khawatir, aromanya gak tercium kok hehehe

Oh ya ada budaya yg menarik perhatian saya yaitu budaya kawin lari dan kawin culik... Kl si pria dan wanitanya sama2 suka maka dinamakan kawin lari tapi kl si pria suka dan wanitanya tdk suka maka dinamakan kawin culik..si wanita akan diculik pria dan itu sah2 saja karna masih budaya asli Lombok...
Ada satu ruangan namanya romantic room untuk pasangan yg baru menikah bulan madunya di ruangan gelap kecil berukuran 3X2 m pengap tak ada lampu... Kok bisa yaa bulan madu disitu? amazing ...


lanjut perjalanannya

Ngga sampe 15 menit kita akan memasuki daerah pantai Kuta. Suguhan pantai terbentang dengan ciri khas pasir putih, batu-batu karang dan birunya air laut langsung memanjakan mata. Pantai yang landai dan panjang namun tanpa nyiur di pinggiran pantai seperti pantai-pantai pada umumnya.

Tuch kan, bener ada Kuta Lombok…
Bener-bener Maha Agung Sang Pencipta, bukan?
Kalo udah pernah ke pantai Kuta di Bali, kamu pasti kaget coz pantai ini ngga kalah indahnya (malahan menurut gw n bbrp tmn smua sepakat Kuta Lombok lbh indah dr Kuta Bali) tapi anehnya kok sepi banget, ga seperti d Bali sana yang slalu rame n crowded. yah maklumlahh…promosinya masih kurang. Even udah masuk list campaignya Visit Indonesian Year aja masih gtu-gtu aja.
Setelah puas menikmati panorama pantai kuta (jalan2 dpantai, main air, duduk2 or pastinya poto2), perjalanan kita lanjutkan lagi. Berlanjut kearah timur kita akan menuju pantai tanjung Aan. Pantai yang juga eksotis dan tidak kalah indahnya dari pantai Kuta. Sebelum kita memasuki Tanjung Aan kita akan melewati bundaran Pintu masuk Hotel Novotel Coralia Lombok. Sebuah Hotel bertingkat internasional (kalo ga salah sih 4 star). Setelah melewati bundaran tersebut kira-kira 2 km kita akan sampai ke Pantai Tanjung Aan (baca: An).
Pantai dengan butiran pasir putih yang khas (berbentuk seperti merica), dan air laut yang nampak berwarna warni dari hijau, biru muda dan biru tua saya yakin akan membuat anda terkesima oleh keindahannya. Dengan sebuah bukit kecil dimana bagian atas bukit tersebut memiliki rerumputan (biasanya menjadi favorit spot para wisatawan untuk menikmati pantai dari atas dan juga pastinya foto-foto) menambah kesempurnaan panorama pantai tanjung Aan. Oiya, anda akan merasa berbeda ketika berjalan diatas pasir pantainya.Dengan tesktur pasir pantai yang seperti merica, kaki anda akan terasa seperti melewati lumpur hisap karena pasir seolah-olah akan “menelan” kaki anda.

Sang surya hampir tenggelam...kami melanjutkan petualangan menuju kota mataram hunting mutiara... Mutiaranya bagus2 tapi mehong2 alias mahal karna mutiara air laut... Kl yg lebih murah mutiara air tawar..yg murah banget ada mutiara air tajin heehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar